Tuesday, December 11, 2012

5 Khasiat Apel Bagi Tubuh


An apple a day, keeps the doctor away
Pepatah lama itu rupanya bukan mitos belaka. Mengonsumsi sebutir apel setiap hari mampu menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit, hingga Anda tak perlu lagi berobat ke dokter.
Apa saja manfaat apel bagi tubuh? Berikut ini beberapa di antaranya.


1.    Kaya nutrisi
Dalam sebutir apel berukuran sedang, terkandung 95 kalori dan 4 gram serat yang mudah larut, membuat apel menjadi cemilan yang mengenyangkan. Satu buah apel juga setara dengan segelas jus buah. Mengonsumsi dua buah apel dapat melengkapi kebutuhan buah-buahan harian, yaitu sekitar 2 gelas untuk diet 2000 kalori pada dewasa.
Apel juga kaya akan vitamin C dan mencukupi 14 persen kebutuhan vitamin C harian dalam tubuh Anda.


2.    Ampuh menurunkan berat badan
Sebagai kudapan padat kalori, apel juga mampu mengenyangkan perut. Tak heran jika apel menjadi buah yang banyak disarankan para pakar diet untuk membantu memangkas berat badan.
Khasiat apel tak hanya dapat dirasakan tubuh jika dikonsumsi mentah-mentah. Penelitian terkini menyebutkan, wanita yang mengonsumsi semangkuk keripik apel setiap hari selama setahun sebagai camilan, cenderung lebih cepat meraih target saat berdiet. Keripik apel juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan resiko penyakit jantung.
Para peneliti dari Florida State University percaya, khasiat ini disebabkan adanya kandungan antioksidan dan pectin (sejenis serat).


3.    Kesehatan jantung
Menurut pengamatan Iowa Women’s Health Study terhadap lebih dari 34 ribu wanita selama 20 tahun, apel sanggup menurunkan resiko kematian yang disebabkan penyakit jantung koroner dan gangguan kardiovaskuler.
Para peneliti dari Finlandia juga menyebutkan, dari studi selama lebih dari 28 tahun terhadap 9.208 pria dan wanita, para responden yang rutin melahap apel cenderung memiliki resiko stroke lebih rendah.


4.    Perlindungan terhadap sindrom metabolisme
Hanya sedikit kemungkinan para pelahap apel mengidap sindrom metabolisme, serangkaian symptom yang berkaitan dengan peningkatan resiko penyakit jantung dan diabetes.
Dari survey yang dimuat National Health and Nutrition Examination Study (NHANES) disebutkan, orang-orang yang melahap apel dalam bentuk apapun memiliki resiko gangguan metabolisme 27 persen lebih rendah ketimbang orang-orang yang tak suka makan apel. Para pemakan apel juga memiliki level protein C-reactive yang lebih rendah. Protein yang satu ini menjadi tanda adanya inflamasi dalam darah yang menyulut resiko penyakit jantung dan diabetes.


5.    Menambah stamina
Mengonsumsi apel sebelum berolahraga dapat meningkatkan ketahanan tubuh Anda. Apel menghantarkan quercetin, zat antioksidan yang memperkuat ketahanan tubuh dengan cara memproduksi oksigen lebih banyak untuk paru-paru. Sebuah studi menyebutkan, quercetin yang dikemas dalam bentuk suplemen dapat membuat para pesepeda lebih kuat dan lebih lama mengayuh sepedanya.

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Anda Di sini