Tuesday, December 11, 2012

Manfaat Daun Sirih untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit


Manfaat daun sirih telah banyak dipercaya untuk mengobati beberapa penyakit. Tanaman ini memiliki batang yang merambat dengan warna daunnya yang hijau berbentuk seperti hati. Tanaman ini dapat dikategorikan sebagai tanaman obat-obatan. Tanaman ini banyak sekali dijumpai di daerah kita, karena tingkat kesuburan tanah di iklim tropis seperti Indonesia sangat bagus untuk pertumbuhan tanaman tersebut. Daun sirih oleh orang dahulu sering digunakan sebagai pencuci mulut untuk memperkuat gigi yang dicampur dengan gambir, pinang serta kapur. Namun seiring perkembangan jaman, kini masyarakat lebih memilih obat yang instan misalnya sudah dalam bentuk kapsul atau pil. Sebenarnya juga tidak masalah, akan tetapi tentunya kita akan lebih memuaskan bila menggunakan daun sirih karena lebih alami.


Manfaat daun sirih untuk kesehatan

Kandungan yang terdapat dalam daun sirih dapat dijadikan sebagai bahan antioksidan dan fungisida. Daun sirih dipercaya mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Selain mudah didapatkan, daun sirih tergolong obat yang alami sehingga banyak kalangan masyarakat yang menggunakan daun sirih untuk mengobati berbagai macam penyakit. Manfaat daun sirih dapat membuat gigi menjadi awet kuat, selain itu juga dapat mengurangi bau mulut dan bau badan dalam tubuh kita. Dengan kandungan minyak atsiri dalam daun sirih yang mempunyai khasiat untuk membunuh kuman penyebab bau badan. Masih banyak lagi manfaat daun sirih untuk tubuh kita yang tidak bisa saya sebutkan semuanya karena keterbatasan penulis. Tapi setidaknya dari sedikit gambaran tersebut, kita dapat menambah pengetahuan kita tentang kandungan daun sirih untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat daun sirih untuk mengobati penyakit

Selain untuk memelihara bagian dari tubuh seperti gigi dan bau badan, manfaat daun sirih juga dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit. Manfaat daun sirih mampu mengobati beberapa macam penyakit seperti gatal-gatal, gusi berdarah, mimisan, penyakit keputihan, batuk, sariawan, radang tenggorokan, bronchitis dan lain sebagainya. Seiring perkembangan jaman yang semakin menggila ini kita dituntut untuk lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan sehari-hari. Pada masa sekarang makanan yang kita pilih cenderung makanan yang siap saji atau instan. Padahal hal tersebut dapat membahayakan kesehatan kita. Diatas merupakan sedikit informasi tentang manfaat daun sirih semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Anda Di sini