Monday, December 10, 2012

Penyebab Ketombe Muncul pada Kulit Kepala


Ketombe adalah salah satu masalah kulit kepala yang paling umum. Penyebab ketombe muncul inilah yang harus kita ketahui karena masalah yang cukup umum ini sering kali mengganggu kenyamanan dalam hal penampilan dan juga rasa gatal yang berlebihan. Artikel kali ini akan mencoba mengupas apa penyebab ketombe muncul dan bagaimana mengatasinya sehingga bagian kepala kita selalu bersih dan akan semakin percaya diri. Penyebab paling umum dari timbulnya ketombe adalah sebagai berikut:


1. Jenis Kulit Kepala

Di antara berbagai penyebab ketombe, penyebab utama timbulnya ketombe adalah jenis kulit Anda. Jika kulit Anda terlalu kering maka kemungkinan berketombe jauh lebih tinggi. Tetapi jika kulit Anda terlalu berminyak maka ini juga merupakan penyebab ketombe pada kulit Anda.


2. Perawatan Kulit Kepala dan Sensitifitas Kulit pada Produk Tertentu
Tidak membersihkan rambut sering juga merupakan penyebab ketombe. Jika tidak membersihkan rambut secara teratur maka minyak mulai terakumulasi pada kulit kepala sehingga menghasilkan ketombe lebih.
Kulit kita mungkin sensitif terhadap produk tertentu dan akan bereaksi untuk produk tersebut berupa kemerahan dan juga akan menimbulkan ketombe. Penggunaan shampoo yang sangat sering juga dapat mengiritasi kulit kepala dan akan menambah penyebab ketombe, jadi coba hindari itu juga.

3. Pola Makan yang Buruk
Diet Anda memainkan peran penting dalam kesehatan kulit kepala. Karena diet ketat Anda akan menjadi penyebab kurangnya keseimbangan yang akan menimbulkan masalah seperti penyebab ketombe dan kulit kepala kering.


4. Malassezia
Penyebab paling umum dari ketombe adalah jamur kulit kepala yang disebut Malassezia. Malassezia adalah jamur alami yang tumbuh di kulit kepala Anda. Jamur ini akan menyerap protein dari folikel rambut dan penyerapan protein yang tinggi itu akan menyebabkan iritasi di kulit kepala dan akan menjadi penyebab ketombe.


5. Penyebab Lain
Ada penyebab lain dari timbulnya ketombe seperti stres mental dan sistem kekebalan tubuh yang buruk.
Dari penyebab-penyebab diatas tidak disebutkan bahwa matahari adalah salah satu penyebab ketombe, tetapi kulit kepala yang terlalu banyak terkena sinar matahari dapat menyebabkan masalah kulit serius.
Dengan tahu penyebab ketombe muncul, kita akan tahu cara mengatasi masalah kulit kepala ini dan mengucapkan selamat tinggal ketombe.

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Anda Di sini