Friday, January 25, 2013

Kekurangan Zinc(Zat Besi) Bisa Memicu Diabetes


Penyakit diabetes yang seringkali disebabkan karena genetik dan gaya hidup, dapat dikontrol dengan zinc atau seng.

Zinc mengontrol diabetes dengan meminimalisir efek samping penyakit ini terhadap tubuh, sebagaimana dilansir dari Boldsky.

Diabetes adalah penyakit hormonal yang terkait dengan malfungsi hormon insulin di dalam tubuh. Zinc menjadi penting karena mineral ini membantu keseimbangan hormon di dalam tubuh.

Setidak-tidaknya 300 aktivitas hormonal di dalam tubuh, diatur oleh mineral ini. Salah satunya adalah dengan memperbaiki indeks glikemik tubuh, dengan menstabilkan kadar gula darah tubuh.

Peningkatan atau penurunan indeks glikemik tubuh secara tidak normal akan sangat membahayakan penderita diabetes.

Sistem imunitas tubuh adalah yang pertama kali diserang oleh diabetes. Sementara itu, zinc mengatur diabetes dengan memperbaiki sistem imunitas tubuh. Diabetes juga dapat membuat tubuh menjadikan tubuh menjadi lemah dalam memerangi penyakit lain.

Hal ini menyebabkan proses penyembuhan luka pada tubuh membutuhkan waktu yang lama. Zinc membantu tubuh untuk mempercepat proses penyembuhan dan mencegah terjadi pembusukan akibat luka.
Kerontokan rambut serta kesulitan regenerasi kulit juga dapat diatasi dengan zinc. Kekurangan zinc memang memicu kerontokan rambut, dan hal ini seringkali juga dialami oleh penderita diabetes.

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Anda Di sini