Monday, January 28, 2013

Wow..Burger ini Dagingnya dari Kotoran Manusia!

Beberapa waktu lalu saya dibuat terpengarah dengan berita di TV acara Fenomania, ada berita bahwa Peneliti di Jepang telah berhasil membuat daging isi Burger dari kotoran manusia. Saya kemudian mencoba Googling untuk mencari info lengkapnya. Saya sajikan di blog ini sekedar untuk tambahan pengetahuan saja. Walaupun kalau ingat rasanya pengin muntah, dan jadi ga doyan makan 


Semua berawal dari masalah kota Tokyo yang kelebihan lumpur selokan bawah tanah yang berasal dari tinja. Mereka pusing bagaimana cara untuk membuangnya supaya tidak mengganggu keindahan kota. Tadinya satu-satunya solusi adalah dengan membuangnya ke laut, tapi seorang peneliti cerdas yang bernama Ikeda mempunyai ide gila untuk mendaur ulang kotoran itu sebagai makanan. 





Ikeda sangat gembira setelah penelitiannya mendapatkan bahwa lumpur itu penuh dengan protein karena banyaknya konten bakteria di sana. 

Lumpur kotoran itu mengandung 63 % protein, 25 % karbohidrat, 3 p% vitamin yang larut dalam lemak, serta 9 % mineral.Menurutnya ini adalah materi yang sangat bergizi dan layak diolah untuk dijadikan makanan. Dia kemudian memasukkan lumpur tersebut dalam alat Exploder buatannya. Setelah digabung dengan protein artificial lainnya, maka jadilah steak sintetis yang mirip sekali dengan aslinya karena warnanya juga dibuat merah.




Dia kemudian mengujicobakan steak tersebut pada para relawan, tentu saja tanpa memberi tahu kalau steak itu dari kotoran manusia (kalau tahu sejak awal pasti pada menolak  


Ternyata dari uji tersebut oran-orang yang sudah mencobanya menyebutkan kalau rasanya enak seperti daging sapi!


Tentu saja Ikeda sangat gembira dan menyebut ini merupakan solusi cerdas mengatasi krisis pangan global.


Tidak tahu juga apakah sudah diteliti efek selanjutnya bagi kesehatan bila mengkonsumsi dalam jangka panjang,karena ini baru sebatas penelitian.


Yang menjadi pertimbangan berikutnya adalah biaya untuk memproduksinya bisa 10 sampai 20 kali lebih mahal dari daging sapi sungguhan.


0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Anda Di sini