Thursday, April 25, 2013

inilah 7 macam makanan yang dapat mencegah penyakit kanker



Selain mengkonsumsi suplemen vitamin, tubuh juga memerlukan nutrisi tertentu yang dapat membantu memerangi berbagai jenis kanker. Kanker merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok banyak orang di dunia. Olahraga dinilai masih belum cukup untuk mencegahnya, harus diimbangi dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat. Ada beberapa makanan sehat yang dapat mencegah kanker, dan makanan-makanan ini sering kita jumpai sehingga anda tidak perlu susah-susah mencarinya.

Makanan-makanan yang dapat mencegah kanker

1. Wortel
Sama seperti halnya bayam, wortel juga memiliki kandungan karotenoid, sejenis antioksidan yang bermanfaat dalam membantu mencegah kanker rektum.


2. Tomat

Tomat merupakan salah satu sayuran yang populer di dunia. Mengokonsumsinya diyakini dapat memberikan manfaat kesehatan bagi jantung. Selain itu, tomat mengandung likopen, salah satu antioksidan alami yang paling hebat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa likopen, terutama dalam bentuk tomat yang dimasak, dinilai mampu membantu mencegah kanker prostat, walaupun beberapa penelitian lainnya masih meragukannya.


3. Bawang Putih

Bawang putih sering dilibatkan sebagai bahan baku masakan-masakan yang sering kita konsumsi. Terlibatnya bawang putih di dalam sebuah masakan dinilai bermanfaat dalam menurunkan risiko kanker payudara, lambung, dan usus. Hal ini juga disarankan oleh Organisasi Kesehatan Dunia.


4. Kembang kol, Kubis, dan Brokoli

Ketiga sayuran ini mempunyai senyawa kimia yang dikenal dengan indole-3-carbinol, di mana komponen ini bisa membantu melawan kanker payudara.


5. Jamur
Jenis-jenis jamur seperti shiitake, Coriolus Versicolor, reishi, dan maitake dinilai mampu membantu tubuh dalam memerangi kanker dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jamur-jamur tersebut mengandung polisakarida, terutama lentinan. Lentinan merupakan salah satu senyawa kuat yang efektif membantu membangun imunitas. Jamur-jamur tersebut mengandung protein yang dikenal dengan lektin, yang efektif dalam menyerang sel-sel kanker.


6. Rumput laut

Rumput laut kaya akan serat, vitamin B12, klorofil, protein, dan beta-karoten. Selain itu, rumput laut juga mengandung asam lemak chlorophylones yang dapat membantu melawan kanker payudara.


7. Ubi Jalar

Ubi jalar memiliki segudang sifat anti-kanker, salah satunya adalah beta-karoten yang bisa melindungi DNA di dalam inti sel dari bahan-bahan kimia penyebab kanker diluar membran(selaput) nuklir.


0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Anda Di sini