Sunday, August 17, 2014

CARA MUDAH CEPAT DAN BENAR MERAWAT TUMBUH KEMBANG ANAK ANDA SECARA BENAR

Mengasuh bayi agar bisa tumbuh sehat dan cepat gemuk di rumah sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Asalkan para orang tua mengetahui cara yang benar saja maka mereka akan bisa melakukannya dengan baik dan tanpa mengalami kesulitan sedikitpun. Bahkan jika para orang tua ini mengetahui cara-caranya, justru mereka akan merasa sangat senang dan menikmati pengalaman untuk membesarkan anak bayinya ini. Yang paling penting adalah dibutuhkannya kesabaran atau ketelatenan dalam melakukannya tanpa perlu mengeluh sedikitpun.

Permasalahannya, sayangnya tidak semua orang tua memiliki pengetahuan mengenai seputar mengasuh bayi. Terutama bagi Ibu dan Bapak yang baru menimang bayi pertamanya atau yang mau akan menimang bayi pertamanya. Kebanyakan mereka sama sekali tidak punya bekal yang sebenarnya bisa mereka dapatkan dari warisan orang tua mereka dahulu atau dari seminar atau penyuluhan kesehatan yang diberikan oleh para petugas dari Dinas Kesehatan. Sedikitnya pemberian penyuluhan kesehatan yang diberikan oleh Pemerintah mungkin juga menjadi kendala bagi para orang tua untuk mendapatkan ilmu kesehatan. Bahkan mungkin malah ada daerah yang sama sekali belum pernah tersentuh penyuluhan kesehatan disebabkan karena terbatasnya fasilitas dan jumlah penyuluh dari Dinas Kesehatan. Di samping itu, padatnya kesibukan para orang tua untuk mencari nafkah atau penghasilan baik itu Bapak ataupun Ibu juga dapat menjadi salah satu kendala mereka untuk bisa mendapatkan ilmu tentang kesehatan anak.

Bagi para orang tua yang ingin mendapatkan ilmu tentang cara merawat bayi baru lahir agar selalu sehat, bisa mencoba referensi dari sebuah buku yang sangat populer berjudul “Panduan Lengkap Bayi 1 Tahun Pertama” yang ditulis oleh seorang dokter wanita yang masih muda dan cantik bernama dr. Eyta Ardinasari. Sekarang ini dr. Eiyta Ardinasari bekerja di Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan UPT Puskesmas Nunukan Kalimantan Timur dan memegang poliklinik anak. Buku yang memiliki jumlah halaman sebanyak 278 halaman ini akan membahas tuntas A sampai Z seputar bayi 1 tahun pertama. Jadi bagi Ibu dan Bapak yang ingin pintar dalam merawat bayinya, jangan sampai tidak membaca buku yang satu ini.

Setelah pulang dari rumah tempat bersalin, tidak akan ada lagi dokter, bidan ataupun perawat yang selalu mendampingi Ibu dan Bapak. Ketika berada di rumah sakit pun, karena sedikitnya waktu dan kesempatan, para petugas kesehatan juga tidak bisa menginformasikan semua hal yang berkaitan dengan merawat bayi. Mungkin karena belum mengerti, sebagian orang tua kemudian melakukan kesalahan yang dapat merugikan atau membahayakan anak bayinya. Ada Ibu yang mencoba memberi makanan padat kepada bayinya walaupun umurnya belum ada 6 bulan. Mungkin Ibu tersebut belum tahu jika perbuatan yang ia lakukan tersebut dapat membuat bayi tersedak. Ada Ibu yang membersihkan telinga bayinya memakai pengorek telinga atau cotton bud yang seharusnya tidak boleh dilakukan karena bisa mencederai gendang telinga si bayi. Karena ketidaktahuan, banyak bayi yang telah diberikan susu formula hanya karena produksi ASI sedikit, bayi tidak mau menyusu, atau karena berat badan bayi tidak mau bertambah, dll. Padahal, masalah ini bisa diatasi kalau ibu tahu apa yang seharusnya dilakukan tanpa perlu mengorbankan bayi. Oleh sebab itu, sangatlah penting bagi para Ibu dan Bapak untuk bisa memiliki buku panduan ini. Dengan begitu, pengetahuan mereka akan bertambah sehingga tidak akan melakukan hal-hal yang keliru yang bisa membahayakan keselamatan anak bayinya.

Demikian artikel tentang “Cara Merawat Bayi Baru Lahir Agar Selalu Sehat” yang dapat kami sampaikan. Semoga tulisan yang teramat singkat ini ada sedikit manfaatnya bagi para Ibu dan Bapak. Harapan kami adalah agar Ibu dan Bapak dapat membesarkan anaknya dengan baik dan benar sehingga kelak ia dapat menjadi orang yang bermanfaat bagi agama, orang lain, maupun lingkungan di sekitarnya. Bagi yang ingin mengetahui informasi selengkapnya tentang buku panduan, 

Klik Gambar Di Bawah Ini


3 comments:

  1. Artikelnya sangat membantu :)
    Terimakasih udah memberikan saran yang bermanfaat :)

    ReplyDelete
  2. informasi yang bagus..
    maslah pemasaran online ...
    sekses selalu gan..

    ReplyDelete

Tinggalkan Komentar Anda Di sini